top of page

Agile Collaboration

Public·103 members
Beau Reed
Beau Reed

Soal Mat Sakamoto Kelas 2


Sakamoto merupakan les matematika bertaraf international yang mengajarkan muridnya menggunakan metode sakamoto untuk menganalisa soal-soal matematika dan logika. Sakamoto Cibubur kini membuka lowongan kerja untuk posisi guru TK di cabang Kota Wisata, Cibubur.




soal mat sakamoto kelas 2


Download: https://www.google.com/url?q=https%3A%2F%2Furlcod.com%2F2u56SV&sa=D&sntz=1&usg=AOvVaw1Q15POFePWh3AfohbblGdx



1. Mengajarkan matematika kepada anak-anak TK menggunakan materi Sakamoto2. Mengevaluasi hasil kerja murid selama di kelas3. Mencatat dan melaporkan perkembangan murid selama mengikuti les Sakamoto4. Berkomunikasi dengan orang tua murid


Matematika merupakan salah satu pelajaran yang terkesan menyeramkan bagi sebagian pelajar. Betapa tidak, tingkat kesulitan soal matematika akan semakin bertambah jika dipertemukan dengan angka, rumus, dan perhitungan yang panjang. Tak salah jika banyak lembaga belajar yang menawarkan jasa bimbingan untuk membantu siswa menghadapi pelajaran matematika. Dari banyaknya lembaga kursus, Matematika Sakamoto hadir dengan metode belajar yang mandiri dan kerap dijadikan pilihan para orang tua. Biaya kursus Sakamoto relatif sebanding dengan pelayanan bimbingan belajar yang ditawarkan siswa.


Metode belajar matematika Sakamoto dikembangkan oleh Dr Hideo Sakamoto dari Jepang sejak 1980 yang dikemas melalui soal cerita. Soal cerita dikemas secara kreatif untuk melatih kemampuan analisa, logika, dan imajinasi siswa. Tak hanya mengatasi aspek mekanik dari pemecahan masalah, metode ini memungkinkan siswa dapat meningkatkan pemahaman dan kreativitas saat menghadapi masalah matematika.


Sementara itu, metode Sakamoto lebih berfokus pada pembinaan kemampuan siswa dalam pemahaman soal (be able to understand), bukan sekadar kemampuan menjawab soal (able to answer), sehingga siswa dibiasakan untuk tidak hanya menekankan pada hasil, tapi pada proses penyelesaian pada soal cerita. Untuk itu, tiga langkah dasar yang sederhana diterapkan selama belajar, mulai dari menganalisis masalah, menerjemahkan informasi, dan menulis persamaan matematis untuk dilakukan perhitungan.


Update Maret 2019:Furqon masuk ke STEI ITB melalui jalur SNMPTN. Saat kelas 12, karena beban yang berat, semua les di-stop kecuali bimbel. Berdasarkan ranking sekolah, Furqon berada di posisi 17, sehingga dapat lolos SNMPTN (jalur undangan). Nilai rata-rata Matematika: 89.6; Matematika IPA: 82.6 . Nilai UN Matematika Furqon juga mendapat 100. Saya pikir les di masa Furqon kecil terutama Sakamoto sangat berperan pada pelajaran Matematika.


Kalau dari cerita gurunya, Sakamoto ditujukan untuk problem solving, terutama untuk soal cerita. Model soalnya menurut saya mirip tes potensi akademik. Furqon cocok dengan les ini dan yang penting dia suka (calon engineer nih) Lagipula PR-nya bersifat sukarela dan hanya sedikit. Tentu saja Furqon lebih banyak memilih opsi tanpa PR hehe.


Ini no telp tempat les Sakamoto di bandung : BTC 6126056, setrasari 70712312, batik kumeli 2515152, batununggal 7508251, TKI 70730496, Elang 6040780, cendana 7204388, hyper sq 86060729, singgasana pradana 5436443, cimahi 6646685.Pusat sakamoto jabar ada di jl ayani no 773.


Sakamoto Method sama seperti mengajarkan aljabar memakai sudut pandang anak SD ^_^Karena itu maka 70% soal Sakamoto berbentuk soal cerita.Les Sakamoto tidak memberikan PR kecuali permintaan orang tua ^_^


Anak saya sebelumya les matematika yang berasal dari Jepang juga (K**on) , metoda yg digunakan adalah dengan melatih anak mengerjakan soal yang sama berulang-ulang sampai anak tersebut dapat menyelesaikan dengan cepat karena biasa. Anak saya cepat bosan krn PR yg dibawa ke rumah cukup banyak dan berulang2.


Referensi saya dari yang sepertinya merupakan official web site sakamoto (mohon koreksi ya). Kalau lihat siapa yang membuat site tersebut (di bagian footer), , merupakan perusahaan hosting dan web design di singapura.Kemudian jika dilihat daftar kompetisi yang ada di situs tersebut, sepertinya tidak pernah dilakukan di Jepang. Di situs ini juga tidak ada link untuk bahasa jepang.


Kesimpulan saya, berdasarkan pencarian di internet (bisa salah ya, kalau infonya memang tidak ada di internet, atau tidak ada yang menggunakan bhs Inggris). Pusat sakamoto ini ada di Singapura dan tidak ada cabangnya di Jepang. Mohon koreksi kalau saya salah atau ada situs yang terlewati.


Pak Yudi,Anak saya kelas 2 SMP, math nya saat ini sangat menurun, saya ingin ikutkan sakamoto, namun kendalanya adalah waktu pak,krn ia sampe ke rumah sekitar pukul 17.30 dimana setelah itu ia sudah sangat lelah.. apakah ada kemuingkinan untuk melaksksanakan kursus sakamoto di rumah pak? pada hari sabtu/minggu?


Saya sedang membandingkan beberapa jenis kursus matematika antara lain dengan cara perhitungan cepat, akan tetapi saya melihat bahwa metode sakamoto ini berbeda dimana lebih banyak menggunakan soal cerita sehingga lebih dapat melatih daya imaginasi dan problem solving anak. dimana kursus sakamoto yang dekat daerah mampang jaksel.


anak saya malah kebalikan dengan anaknya bapak, akan saya TK les di sakamoto, trus pindah ke sempoa, waktu SD.Di sempoa emang PR nya banyak (bagi saya), dulunya ini yang bikin anak saya mau keluar, tapi saya tahan, dan saya buat enjoy,kadang hanya ngerjakan PR cuma separo aja.Syukur, ternyata hal ini berjalan sebentar saja, karena gurunya juga saya kasih tahu kondisi anak saya ini, jadi ikut menyemangati.Saat ini anak saya kelas 2 SD, level 7 di sempoa, ternyata PR yang kelihatannya bayak bagi saya, gak berarti banyak bagi anak saya. saya yang udah 40 th, ternyata kalah menghitung lawan anak SD.Kayaknya kursus yang sudah disebut diforum ini sama aja baiknya, tergantung bagaimana kita memfasilitasi dan menyikapinya.Kalo saya milih kursus cari yang dekat rumah aja, biar gak repot ngantar, dan tentunya gurunya yang care degan anak-anak. Thxs.


Sempoa untuk mendapat keterampilan cepat menghitung. Memang diperlukan, apalagi di SD kelas-kelas awal, memang menghitung ini yang pertama diajarkan. Tetapi untuk kedepan (SMP,SMA) skill pemecahan masalah di Sakamoto menurut saya lebih berguna. Sekarang anak saya sih ikut dua-duanya ?


@try,lia,ama: maaf saya juga tidak tahu. Mohon dicek ke situs sakamoto atau via telpon. Untuk no telp lihat comment dari Pak Jeff: -dan-sakamoto/#comment-295 (walaupun telp bdg, tapi semoga tahu juga tentang cabang sakamoto di tempat lain)


Baru sekerg setelah yang cewek 12 thn masuk smp, dan yang cowok 10 th di kelas 5, mereka tertarik untuk les lagi, dan pilihannya di sakamoto. Karena, teman anak saya yang kursus di sakamoto selama 2th, dari nilai biasa jadi juara umum di sekolah saat lulus SD kemarn.


anak saya dulu cuma les sempoa (SAKAMOTO blm ada) dia les dari kelas 5 sd terus sampai modul grand-nya sempoa (kira2 selesainya di SMP kelas 3) Nah awal awal dia bosen, katanya terlalu mudah, tapi saya consult dengan kakak pembimbingnya. menurut pembimbingnya memang cara belajarnya begitu harus belajar dari yang paling mudah dulu. baru di tingkat yang lebih sulit. Nah menurut beliau pelatihan sempoa bertujuan bukan hanya melatih kecepatan berhitung tetapi juga meningkatkan konsentrasi dan melatih kecepatan berpikir dan melatih pemecahan masalah. mendengar begitu, saya bujuk anak saya untuk tetep les. dan untung kakak pembimbingnya membantu saya memberikan goal kepada anak saya dengan menunjukan buku modul grand kepada anak saya. Anak saya gak pernah dapat pr tuh.. yang ada namanya vitamin jadi ceritanya prnya diberikan kalau si anak yang minta (kata kakaknya seperti ke dokter vitamin diberikan ketika butuh). di modul awal anak saya ogah minta pr jadi gak pernah punya vitamin tapi belakangan dia udah suka (mungkin karena terbiasa ya?) jadi setiap pulang kursus dia minta pr yang banyakan.


Sekarang anak saya sudah di semester 7 universitas negeri (lulus PMDK), IPK nya sekitar 3.7 dan saya lihat kalau dia kerjakan tugas kuliahnya masih pakai bayangan. dan temen2 dia yang les sempoa sekelas dengan dia punya prestasi yang mirip dengan dia (sahabatnya lulus sebagai dokter muda, hasil PMDK juga, tadinya juga siswa payah seperti anak saya).


melihat pengalaman anak saya, ponakan saya pun saya leskan sempoa dari TK (skrg kls 2), sekarang di tempat lesnya ada sakamoto juga, saya tanya penjelasan produknya menurut gurunya untuk menguatkan logika, analisa dan problem solving. dia udah les 6 bulan (sakamotonya) dan masih rewel kalau mau les sakamoto (sempoa dia enjoy,) tapi saya tetep bujukin karena manfaatnya yang sangat bagus.


anak saya sdh les aritmatika smpai lulus level 10, krn utk mengasah trs kemempuanx kembali saya ingin ikutkan lg sakamoto , dia sdh 13 kali juara lomba tkt lokal maupun nas ,kaloi Purwokwerto dimana lesx tq


Salam kenal. anak saya baru TK A. Baru awal sekali mengenal matematika. Saya pikir masih nantilah menjelang masuk SD baru berpikir mengasah matematikanya. tapi ternyata disekolahnya dia sudah dapat metematika (walaupun memang pertambahan pengurangan tidak lebih dari hitungan 10). sekarang saya lagi cari2 metode yang paling pas untuk pembelajaran awal matematika. ada jarimatika, ada sempoa, ada sakamoto. Hmmm yang mana ya yang kira2 cocok dan pas sesuai dengan usianya?


Ibu Yulia,Untuk anak TK, di Sakamoto ada kelas Sakamoto TK. Di kelas Sakamoto TK anak-anak dikenalkan matematika dengan metode bermain sambil belajar. Tujuannya adalah agar anak menyenangi matematika. Sakamoto TK ini untuk anak usia 4-6 tahun (anak masih sekolah di TK).Sedangkan untuk anak usia SD, ada kelas Sakamoto SD. Metode belajar di Sakamoto SD adalah pemahaman. Jadi anak-anak dikenalkan dan diajarkan konsep-konsep matematika mulai dari yang mudah sampai yang lebih kompleks dengan memberikan pemahaman yang sistematis.Pada prinsipnya belajar di Sakamoto tidak ada PR. Tapi kalau anaknya mau, bisa minta PR.Untuk lebih jelasnya ibu bisa menghubungi JMC Sakamoto terdekat dengan lokasi ibu, agar bisa mendapatkan informasi lebih terinci tentang metode sakamoto, jadwal dan sistem belajarnya.Terima kasih atas perhatian ibu.


About

Welcome to the group! You can connect with other members, ge...

Members

bottom of page